Tips Memakai iOS: Meningkatkan Produktivitas dan Kenyamanan Penggunaan iPhone dan iPad

iOS, sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple untuk perangkat mobile mereka seperti iPhone dan iPad, telah menjadi salah satu platform yang paling populer di dunia. Kemudahan penggunaan, keamanan yang kuat, dan ekosistem aplikasi yang kaya menjadikan iOS favorit banyak orang. Namun, bagi sebagian pengguna baru, bisa jadi ada beberapa fitur tersembunyi dan trik yang belum mereka ketahui. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai tips dan trik yang akan membantu Anda memaksimalkan pengalaman menggunakan iOS, meningkatkan produktivitas, dan membuat penggunaan iPhone dan iPad Anda menjadi lebih nyaman.

  1. Pahami Gestur dan Multitasking

Salah satu hal pertama yang perlu Anda kuasai adalah gestur dan fitur multitasking pada perangkat iOS. Mulai dari menggesek layar untuk membuka Control Center hingga menggunakan swipe untuk beralih antara aplikasi, menguasai gestur akan mempercepat navigasi dan menghemat waktu.

  • Untuk membuka Control Center, cukup usap layar dari bagian bawah ke atas.
  • Untuk beralih antara aplikasi yang terbuka, geser jari dari bagian bawah layar dan tahan sebentar. Kemudian, geser jari ke kiri atau kanan untuk memilih aplikasi yang ingin Anda buka.
  1. Manfaatkan Shortcuts (Pintasan)

Dengan fitur Shortcuts, Anda dapat menciptakan serangkaian tindakan yang dapat dieksekusi dengan satu sentuhan. Shortcuts memungkinkan Anda mengotomatiskan berbagai tugas dan menggabungkan beberapa langkah menjadi satu.

  • Anda dapat membuat pintasan untuk mengirim pesan teks kepada seseorang, memutar playlist favorit, atau bahkan mengatur alarm dengan cepat.
  • Unduh aplikasi “Shortcuts” dari App Store untuk mulai membuat dan menggunakan pintasan.
  1. Hemat Baterai dengan Mode Hemat Daya

iOS dilengkapi dengan Mode Hemat Daya, yang memungkinkan Anda memperpanjang masa pakai baterai saat tingkat daya rendah. Dalam mode ini, beberapa fitur seperti push email dan efek visual akan dinonaktifkan untuk mengurangi konsumsi daya.

  • Aktifkan Mode Hemat Daya melalui Pengaturan > Baterai > Mode Hemat Daya.
  1. Manajemen Notifikasi yang Efektif

Notifikasi yang berlebihan dapat mengganggu dan mengurangi produktivitas. Penting untuk menyesuaikan notifikasi agar sesuai dengan preferensi Anda.

  • Anda dapat mengatur notifikasi untuk setiap aplikasi di Pengaturan > Notifikasi.
  • Prioritaskan notifikasi yang benar-benar penting dan matikan yang tidak perlu.
  1. Manfaatkan Fungsionalitas “DND” dan “Mode Malam”

“Mode Malam” (Night Shift) mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan perangkat saat malam hari. Ini membantu menjaga kualitas tidur Anda dan mengurangi ketegangan mata.

  • Aktifkan “Mode Malam” melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Mode Malam.

“Mode Diam” (Do Not Disturb) membantu Anda untuk fokus tanpa gangguan dari notifikasi saat bekerja, belajar, atau tidur.

  • Aktifkan “Mode Diam” melalui Pengaturan > Mode Diam.
  1. Akses Cepat ke Aplikasi dengan Siri

Siri, asisten virtual di iOS, dapat membantu Anda menjalankan aplikasi, mencari informasi, dan melakukan banyak tugas lainnya.

  • Aktifkan Siri melalui Pengaturan > Siri & Pencarian, dan atur perintah suara yang akan digunakan untuk mengaktifkannya.
  1. Gunakan Keyboard Eksternal

Jika Anda sering bekerja atau menulis dokumen dengan perangkat iOS, pertimbangkan menggunakan keyboard eksternal. Hal ini akan meningkatkan kecepatan mengetik dan membuatnya lebih mirip dengan pengalaman mengetik di laptop atau PC.

  1. Manfaatkan Split View dan Slide Over pada iPad

Jika Anda menggunakan iPad, Anda dapat memaksimalkan produktivitas dengan fitur Split View dan Slide Over. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus atau membuka aplikasi dalam jendela mengambang.

  • Untuk menggunakan Split View, geser aplikasi dari bawah layar untuk membuka Dock, lalu seret aplikasi yang ingin Anda buka ke sisi layar. Jika aplikasi yang ditampilkan tidak mendukung Split View, seret aplikasi lain ke atasnya.
  • Untuk menggunakan Slide Over, geser aplikasi dari tepi layar ke tengah layar.
  1. Backup Data Secara Berkala

Penting untuk melakukan backup data secara teratur agar informasi Anda tetap aman jika terjadi masalah atau perangkat hilang.

  • Gunakan iCloud untuk melakukan backup otomatis atau lakukan backup manual melalui iTunes.
  1. Update iOS secara Teratur

Terakhir, pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari iOS untuk mendapatkan fitur baru, perbaikan bug, dan keamanan terbaru.

  • Cek pembaruan di Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

 

  1. Gunakan Aplikasi Files untuk Pengelolaan Berkas

Jika Anda sering bekerja dengan berkas dan dokumen, Aplikasi Files pada iOS sangatlah berguna. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengakses berkas yang disimpan di perangkat Anda, di iCloud Drive, serta di aplikasi pihak ketiga yang mendukung integrasi dengan Files.

  • Anda dapat mengatur berkas Anda dengan membuat folder dan subfolder, sehingga lebih mudah menemukan dan mengelompokkan berkas yang terkait.
  • Selain itu, Aplikasi Files juga memungkinkan Anda untuk berbagi berkas dengan mudah melalui email atau pesan.
  1. Aktifkan Fitur “Find My”

Fitur “Find My” (Temukan Saya) adalah fitur yang sangat penting untuk membantu Anda menemukan perangkat yang hilang atau dicuri. Fitur ini menggabungkan fitur “Find My iPhone” dan “Find My Friends” menjadi satu aplikasi.

  • Aktifkan fitur “Find My” melalui Pengaturan > [Nama Anda] > Temukan > Temukan iPhone, kemudian pastikan untuk mengaktifkan “Temukan iPhone” dan “Temukan di Jaringan”.
  1. Akses Buku Harian Digital dengan Aplikasi Notes

Aplikasi Notes pada iOS merupakan alat yang kuat untuk mencatat ide, tugas, dan informasi penting lainnya. Selain itu, dengan dukungan tampilan Markup, Anda dapat dengan mudah menambahkan catatan tangan dan anotasi ke gambar, dokumen PDF, dan lampiran lainnya.

  • Aplikasi Notes juga dapat menyinkronkan catatan Anda di semua perangkat yang menggunakan akun iCloud yang sama.
  1. Manfaatkan Mode Penerbangan

Saat bepergian atau ketika Anda ingin menghemat daya baterai, aktifkan Mode Penerbangan. Mode ini akan menonaktifkan semua koneksi nirkabel pada perangkat Anda, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan seluler.

  • Aktifkan Mode Penerbangan melalui Pengaturan > Mode Pesawat.
  1. Personalisasi Kontrol Pusat

Kontrol Pusat (Control Center) adalah area di perangkat iOS yang memberikan akses cepat ke berbagai fungsi dan fitur penting. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan apa yang ditampilkan di Kontrol Pusat untuk memenuhi kebutuhan Anda.

  • Sesuaikan Kontrol Pusat melalui Pengaturan > Kontrol Pusat > Sesuaikan Kontrol.
  1. Gunakan Kunci Akses untuk Aplikasi

Jika Anda ingin memberikan akses terbatas pada aplikasi tertentu di perangkat Anda, Anda dapat menggunakan fitur Kunci Akses (Screen Time). Fitur ini memungkinkan Anda mengatur batasan waktu atau meminta kata sandi untuk membuka aplikasi tertentu.

  • Aktifkan dan atur Kunci Akses melalui Pengaturan > Screen Time.
  1. Atur Mode Warna untuk Mengurangi Kegelapan Layar

iOS menyediakan Mode Warna yang dapat membantu mengurangi kelelahan mata saat menggunakan perangkat di tempat yang minim cahaya atau saat malam hari.

  • Atur Mode Warna melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Filter Cahaya Biru.
  1. Aktifkan Autokoreksi dan Teks Prediktif

Meskipun keyboard iOS sudah intuitif, Anda dapat lebih meningkatkan kecepatan mengetik dengan mengaktifkan fitur autokoreksi dan teks prediktif.

  • Aktifkan Autokoreksi dan Teks Prediktif melalui Pengaturan > Umum > Keyboard.
  1. Tambahkan Widget di Beranda

iOS memiliki fitur Widget yang memungkinkan Anda menampilkan informasi penting atau akses cepat ke aplikasi tanpa perlu membukanya.

  • Untuk menambahkan widget, ketuk dan tahan area kosong di Beranda, lalu ketuk “Tambah Widget”.
  1. Gunakan Fitur AirDrop untuk Berbagi Konten

AirDrop adalah cara cepat dan mudah untuk berbagi berkas, foto, video, dan lainnya dengan perangkat iOS lain yang berdekatan.

  • Aktifkan AirDrop melalui Pengaturan > Umum > AirDrop.

Kesimpulan

Dengan memahami dan menguasai berbagai tips dan trik untuk menggunakan iOS, Anda dapat meningkatkan produktivitas, kenyamanan, dan kesenangan dalam menggunakan iPhone dan iPad Anda. Jelajahi berbagai fitur yang ditawarkan sistem operasi ini, dan sesuaikan pengaturan perangkat agar sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan penggunaan yang bijaksana, perangkat iOS Anda akan menjadi alat yang luar biasa untuk membantu Anda menyelesaikan tugas sehari-hari, tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, dan menikmati hiburan berkualitas tinggi.

Seiring berjalannya waktu, Apple kemungkinan akan terus memperbarui dan meningkatkan iOS dengan fitur-fitur baru yang menarik, jadi pastikan untuk selalu mengikuti pembaruan dan tetap eksplorasi untuk tetap mendapatkan manfaat maksimal dari perangkat iOS Anda. Selamat menjelajahi dan mengeksplorasi dunia iOS!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *