Perbandingan Fitur dan Fungsionalitas antara Microsoft Defender dan Windows Security

Microsoft Defender dan Windows Security adalah dua produk keamanan yang ditawarkan oleh Microsoft untuk melindungi perangkat Windows 10 dari ancaman siber, seperti virus, malware, ransomware, spyware, dan phishing. Kedua produk ini memiliki fitur dan fungsionalitas yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui perbedaan dan persamaan antara keduanya sebelum memilih salah satu produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Artikel ini akan membahas perbandingan fitur dan fungsionalitas antara Microsoft Defender dan Windows Security, serta memberikan beberapa tips untuk meningkatkan keamanan perangkat Anda.

Apa itu Microsoft Defender?

Microsoft Defender adalah sebuah program antivirus yang terintegrasi dengan Windows 10, yang dapat mendeteksi dan menghapus ancaman siber yang berbahaya dari perangkat Anda. Microsoft Defender juga dikenal sebagai Windows Defender Antivirus atau Windows Defender Security Center. Microsoft Defender memiliki beberapa fitur utama, antara lain:

  • Proteksi real-time. Fitur ini memungkinkan Microsoft Defender untuk memindai file, program, dan aktivitas yang Anda jalankan di perangkat Anda secara otomatis dan terus-menerus, serta memberikan peringatan jika ada ancaman yang terdeteksi.
  • Proteksi berbasis cloud. Fitur ini memungkinkan Microsoft Defender untuk terhubung dengan layanan cloud Microsoft, yang dapat memberikan informasi terbaru tentang ancaman siber yang baru dan canggih, serta meningkatkan kemampuan deteksi dan penghapusan ancaman.
  • Proteksi ransomware. Fitur ini memungkinkan Microsoft Defender untuk melindungi file penting Anda dari serangan ransomware, yaitu jenis malware yang mengenkripsi file Anda dan meminta tebusan untuk mengembalikannya. Anda dapat memilih folder yang ingin Anda lindungi, dan Microsoft Defender akan mencegah aplikasi yang tidak sah untuk mengubah atau menghapus file di folder tersebut.
  • Proteksi browser. Fitur ini memungkinkan Microsoft Defender untuk melindungi browser Anda dari situs web yang mencurigakan atau berbahaya, yang dapat mencoba mencuri informasi pribadi Anda atau menginstal malware di perangkat Anda. Microsoft Defender bekerja dengan browser Microsoft Edge, yang memiliki fitur tambahan seperti SmartScreen dan Tracking Prevention.
  • Proteksi akun. Fitur ini memungkinkan Microsoft Defender untuk melindungi akun Microsoft Anda dari upaya peretasan atau pencurian identitas, dengan memberikan pemberitahuan jika ada aktivitas yang tidak biasa atau mencurigakan pada akun Anda. Anda juga dapat mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, yang akan meminta Anda untuk memasukkan kode yang dikirimkan ke ponsel atau email Anda setiap kali Anda masuk ke akun Anda dari perangkat baru.
  • Proteksi keluarga. Fitur ini memungkinkan Microsoft Defender untuk melindungi anggota keluarga Anda dari konten atau aktivitas yang tidak pantas atau berbahaya di internet, dengan memberikan kontrol orang tua yang dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda dapat memantau dan mengelola aktivitas online anak Anda, seperti situs web yang mereka kunjungi, aplikasi yang mereka gunakan, waktu yang mereka habiskan, dan kontak yang mereka miliki. Anda juga dapat memberikan batasan atau izin tertentu, seperti memblokir situs web tertentu, menetapkan jadwal penggunaan, atau memberikan uang saku digital.

Apa itu Windows Security?

Windows Security adalah sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan Windows 10, yang dapat membantu Anda mengelola pengaturan dan fitur keamanan yang ada di perangkat Anda. Windows Security juga dikenal sebagai Windows Defender Security Center atau Windows Security Center. Windows Security memiliki beberapa fitur utama, antara lain:

  • Dasbor keamanan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat status keamanan perangkat Anda secara keseluruhan, serta mendapatkan rekomendasi atau tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan perangkat Anda.
  • Pemindaian virus dan ancaman. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan pemindaian manual atau terjadwal untuk mencari dan menghapus virus, malware, atau ancaman lain yang mungkin ada di perangkat Anda. Anda juga dapat mengelola pengaturan proteksi real-time dan berbasis cloud, serta menambahkan atau menghapus file, folder, atau jenis file tertentu dari pemindaian.
  • Perlindungan akun. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola pengaturan proteksi akun yang disediakan oleh Microsoft Defender, seperti verifikasi dua langkah, pemberitahuan aktivitas akun, dan perlindungan identitas.
  • Kontrol aplikasi dan browser. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola pengaturan proteksi browser yang disediakan oleh Microsoft Defender, seperti SmartScreen, Tracking Prevention, dan Isolated Browsing. Anda juga dapat mengelola pengaturan kontrol aplikasi, yang dapat membantu Anda mencegah aplikasi yang tidak sah atau berbahaya untuk berjalan di perangkat Anda.
  • Perlindungan firewall dan jaringan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola pengaturan firewall Windows, yang dapat membantu Anda mencegah serangan dari jaringan yang tidak aman atau tidak terpercaya. Anda juga dapat mengelola pengaturan jaringan, seperti status koneksi, properti jaringan, dan penggunaan data.
  • Perlindungan perangkat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola pengaturan perlindungan perangkat yang disediakan oleh Windows, seperti BitLocker, yang dapat membantu Anda mengenkripsi data di perangkat Anda, dan Find My Device, yang dapat membantu Anda menemukan perangkat Anda jika hilang atau dicuri.
  • Perlindungan keluarga. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelola pengaturan perlindungan keluarga yang disediakan oleh Microsoft Defender, seperti kontrol orang tua, aktivitas online, batasan atau izin, dan uang saku digital.
  • Performa dan kesehatan perangkat. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat status performa dan kesehatan perangkat Anda, serta mendapatkan saran atau tindakan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa dan kesehatan perangkat Anda.

Perbedaan dan Persamaan antara Microsoft Defender dan Windows Security

Microsoft Defender dan Windows Security adalah dua produk keamanan yang berbeda, tetapi saling berkaitan dan melengkapi satu sama lain. Perbedaan dan persamaan antara keduanya dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Microsoft Defender adalah sebuah program antivirus, sedangkan Windows Security adalah sebuah aplikasi pengelola keamanan.
  • Microsoft Defender dapat mendeteksi dan menghapus ancaman siber yang berbahaya dari perangkat Anda, sedangkan Windows Security dapat membantu Anda mengelola pengaturan dan fitur keamanan yang ada di perangkat Anda.
  • Microsoft Defender dan Windows Security memiliki beberapa fitur yang sama, seperti proteksi akun, proteksi browser, proteksi ransomware, dan proteksi keluarga, tetapi dengan cara kerja dan pengaturan yang berbeda.
  • Microsoft Defender dan Windows Security memiliki beberapa fitur yang berbeda, seperti proteksi real-time, proteksi berbasis cloud, proteksi firewall dan jaringan, proteksi perangkat, dan performa dan kesehatan perangkat.
  • Microsoft Defender dan Windows Security dapat bekerja secara bersamaan dan harmonis, tanpa mengganggu atau mengkonflik satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *