Perbandingan antara Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019: Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

Microsoft Office adalah salah satu paket perangkat lunak produktivitas yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Dengan aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan lainnya, Anda dapat membuat, mengedit, dan berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, email, dan banyak lagi. Namun, apakah Anda tahu bahwa ada dua versi berbeda dari Microsoft Office yang tersedia saat ini, yaitu Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019? Apa perbedaan antara keduanya, dan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda? Dalam artikel ini, kami akan membahas perbandingan antara Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019, sehingga Anda dapat memilih yang terbaik untuk Anda.

Apa itu Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019?

Microsoft Office 365 adalah lini produk dari Microsoft Office dengan layanan yang tersedia secara berlangganan. Dengan berlangganan Microsoft Office 365, Anda dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Office terbaru di berbagai perangkat, termasuk PC, Mac, tablet, dan smartphone dengan berbagai sistem operasi. Anda juga dapat mengakses dan menyimpan file Anda di cloud dengan OneDrive, serta mendapatkan fitur dan pembaruan terbaru secara otomatis. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fasilitas tambahan, seperti Skype, Microsoft Teams, dan Microsoft Editor.

Microsoft Office 2019 adalah model pembelian satu kali. Anda membayar sekali dan mendapatkan paket perangkat lunak secara permanen. Dengan membeli Microsoft Office 2019, Anda dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Office standar di satu PC atau Mac saja. Anda tidak dapat mengakses dan menyimpan file Anda di cloud, kecuali jika Anda memiliki akun OneDrive terpisah. Anda juga tidak akan mendapatkan fitur dan pembaruan terbaru, kecuali untuk pembaruan keamanan dan bug. Anda juga tidak akan mendapatkan fasilitas tambahan yang ada di Microsoft Office 365.

Perbedaan antara Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019

Ada beberapa perbedaan antara Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019 yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

    • Biaya. Microsoft Office 365 memiliki sistem berlangganan bulanan atau tahunan, yang berarti Anda harus membayar secara berkala selama Anda berlangganan. Harga berlangganan Microsoft Office 365 bervariasi tergantung pada jenis dan jumlah pengguna. Misalnya, untuk pengguna pribadi, ada Microsoft 365 Personal yang dibanderol Rp 1.099.000 per tahun atau Rp 109.900 per bulan, dan Microsoft 365 Family yang dibanderol Rp 1.399.000 per tahun atau Rp 139.900 per bulan. Untuk pengguna bisnis, ada Microsoft 365 Business Basic yang dibanderol Rp 69.900 per pengguna per bulan, Microsoft 365 Business Standard yang dibanderol Rp 139.900 per pengguna per bulan, dan Microsoft 365 Business Premium yang dibanderol Rp 209.900 per pengguna per bulan.
    • Aplikasi Office. Microsoft Office 365 memberikan Anda akses ke aplikasi Office terbaru dan terlengkap, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, OneNote, Publisher, dan Access. Anda juga dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Office di berbagai perangkat, termasuk PC, Mac, tablet, dan smartphone dengan berbagai sistem operasi. Anda juga dapat mengakses aplikasi Office secara online melalui browser web. Sedangkan Microsoft Office 2019 hanya memberikan Anda akses ke aplikasi Office standar, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook. Anda hanya dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Office di satu PC atau Mac saja. Anda tidak dapat mengakses aplikasi Office secara online atau di perangkat lain.
    • Pembaruan fitur. Microsoft Office 365 memberikan Anda fitur dan pembaruan terbaru secara otomatis, tanpa biaya tambahan. Anda selalu mendapatkan versi terbaru dari aplikasi Office, dengan fitur yang paling canggih dan terkini. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan pembaruan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan Microsoft Office 2019 tidak memberikan Anda fitur dan pembaruan terbaru, kecuali untuk pembaruan keamanan dan bug. Anda hanya mendapatkan versi Office 2019 yang tetap, dengan fitur yang sudah ada sejak dirilis pada tahun 2018. Anda tidak dapat menyesuaikan pengaturan pembaruan atau mendapatkan versi Office yang lebih baru.
    • Fleksibilitas. Microsoft Office 365 memberikan Anda fleksibilitas dalam menggunakan dan mengelola Office. Anda dapat menginstal dan menggunakan Office di berbagai perangkat, termasuk PC, Mac, tablet, dan smartphone dengan berbagai sistem operasi. Anda juga dapat mengakses dan menyimpan file Anda di cloud dengan OneDrive, serta berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain secara real-time. Anda juga dapat mengubah atau membatalkan langganan Anda kapan saja, sesuai dengan kebutuhan Anda. Sedangkan Microsoft Office 2019 tidak memberikan Anda fleksibilitas dalam menggunakan dan mengelola Office. Anda hanya dapat menginstal dan menggunakan Office di satu PC atau Mac saja. Anda tidak dapat mengakses dan menyimpan file Anda di cloud, kecuali jika Anda memiliki akun OneDrive terpisah. Anda juga tidak dapat berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain secara real-time. Anda juga tidak dapat mengubah atau membatalkan pembelian Anda, karena bersifat permanen.
    • Fitur tingkat lanjut di tablet dan telepon. Microsoft Office 365 memberikan Anda fitur tingkat lanjut di tablet dan telepon, seperti menggambar dengan pensil digital, mengedit PDF, dan menggunakan mode gelap. Anda juga dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Office di tablet dan telepon dengan ukuran layar lebih dari 10,1 inci, seperti iPad Pro. Sedangkan Microsoft Office 2019 tidak memberikan Anda fitur tingkat lanjut di tablet dan telepon, hanya fitur dasar saja. Anda juga tidak dapat menginstal dan menggunakan aplikasi Office di tablet dan telepon dengan ukuran layar lebih dari 10,1 inci, kecuali jika Anda memiliki langganan Microsoft 365 terpisah.
    • Penyimpanan online ekstra. Microsoft Office 365 memberikan Anda penyimpanan online ekstra dengan OneDrive, yang dapat digunakan untuk menyimpan dan berbagi file Anda di cloud. Anda dapat mendapatkan 1 TB penyimpanan online per pengguna untuk Microsoft 365 Personal dan Microsoft 365 Family, dan 1 TB penyimpanan online per pengguna plus 1 TB penyimpanan bersama untuk Microsoft 365 Business. Sedangkan Microsoft Office 2019 tidak memberikan Anda penyimpanan online ekstra dengan OneDrive, hanya 5 GB penyimpanan gratis per akun. Anda harus membayar biaya tambahan jika ingin mendapatkan penyimpanan online lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *