Penyebab dan Cara Mengatasi WA Error Terbaru 2022

Cara Mengatasi WA Error – Aplikasi whatsapp merupakan salah satu aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan saat ini, hal ini bukan tanpa alasan karena aplikasi whatsapp punya fitur panggilan berupa gambar ataupun video.

Penyebab dan Cara Mengatasi WA Error Terbaru 2022
Dengan melakukan video call, kita bisa berkomunikasi sambil melihat wajah orang yang sedang bertelpon dengan kita secara langsung dengan bantuan kamera depan pada smartphone kamu.

Namun, terkadang smartphone yang kita miliki terjadi error sehingga gambar menjadi blank, tidak ada suara, aplikasi tidak bisa dibuka ataupun aplikasi Whatsapp yang tiba tiba keluar dengan sendirinya.

Cara Mengatasi WA Error Serta Penyebabnya

Error yang terjadi di aplikasi Whatsapp ada banyak penyebabnya. Dan biasanya ditandai dengan muncul gejala seperti HP mati sendiri, whatsapp yang tidak bisa dibuka, suara yang hilang dan masih banyak lainnya.

Nah bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya error di whatsapp.

Cara Mengatasi WA Error dan Penyebabnya – Isi Data WhatsApp Terlalu Banyak

Penyebab pertama yang memungkinkan kenapa Whatsapp kamu bisa error antara lain karena isi data Whatsapp yang terlalu banyak.

Isi data yang banyak akan menyebabkan performa HP kamu menjadi lebih berat daripada biasanya. Penyebab data yang membengkak biasanya karena ada banyak foto dan video yang di simpan di Whatsapp kamu.

Solusi atau Cara Mengatasi Error di Whatsapp

Cara mengatasi error di Whatsapp akibat dari isi data yang terlalu banyak adalah dengan memilih atau memilah video atau foto yang di download di Whatsapp kamu.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memilih media mana yang ingin di download adalah dengan menonaktifkan fitur auto download media yang ada di aplikasi Whatsapp.

Untuk caranya kamu bisa ikuti sebagai berikut ini :

  1. Masuk ke Setting di WA kamu.
  2. Pilih Storage and Data atau Penyimpanan dan Data.
  3. Cari opsi Media Auto-Download. Nanti akan tersedia 3 opsi.
  4. Klik opsi When Using Mobile Data (Ketika Menggunakan Data Selular), Jangan centang bagian Foto, Audio, Video dan juga Dokumen. 
  5. Lakukan hal yang sama pada opsi When Connected on Wi-Fi (Ketika Tersambung dengan Wifi) dan juga When Roaming (Ketika Roaming). 
  6. Selamat, kamu sudah mengatasi salah satu error yang sering terjadi di Whatsapp.
 Non Aktifkan Fitur Auto Download

Banyak Aplikasi Yang Sedang Digunakan

Penyebab error yang sering terjadi selanjutnya ialah kamu membuka banyak aplikasi secara bersamaan dan disimpan di background kamu.

Aplikasi yang dibuka secara bersamaan juga akan membuat kinerja HP kamu menjadi lebih lambat karena penggunaan RAM yang besar. Dengan begitu, kemungkinan error di WA kamu pun jadi bertambah.

Solusi

Cara mengatasi WA error untuk kasus yang satu ini bisa terbilang cukup mudah lho. Namun bagi kamu yang tidak mengetahui caranya, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Pastikan selalu menutup aplikasi dengan benar.
  2. Gunakan aplikasi Cleaner di HP kamu untuk menghapus file cache.

Terjadi Error Atau Kerusakan Pada Komponen HP

Penyebab selanjutnya yang memungkinkan error pada WA kamu adalah adanya indikasi bahwa komponen HP kamu mengalami kerusakan.

Komponen yang mungkin rusak bisa saja beragam mulai dari CPU, RAM, baterai dan lain lain. Namun biasanya komponen yang sering menyebabkan error adalah Operating Systemnya.

Solusi

Untuk yang satu ini, pastikan kamu untuk menggunakan HP dengan lebih baik lagi. Hal ini karena biasanya terjadi akibat penggunaan HP yang berlebihan seperti di mainkan ketika sedang di cas dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa membawa ke Service center untuk membetulkan komponen yang rusak tadi.

Suhu HP Panas

Selanjutnya, yang biasa menyebabkan terjadinya error antara lain adalah Suhu HP yang terbilang panas. Hal ini bisa terjadi karena penggunaannya yang lama dan juga sering sehingga meningkatnya suhu HP.

Jika Suhu HP terlalu panas maka akan dapat menyebabkan error seperti HP yang tiba tiba mati sendiri, restart sendiri, error pada LCD nya dan masih banyak lainnya.

Solusi

Terdapat berbagai macam cara mengatasi WA error untuk yang satu ini, antara lain adalah :

  1. Diamkan HP untuk sementara waktu.
  2. Gunakan pendingin pada ruangan, bisa juga kipas ataupun AC.
  3. Gunakan pendingin HP.

HP Terkena Virus atau Malware

Apakah kamu pernah memencet email, tombol atau link yang mencurigakan sebelumnya ? Jika iya maka kamu perlu berhati hati karena bisa saja itu membuat HP kamu terkena virus ataupun malware.

HP yang terkena virus atau malware akan membuat kinerja sistem pada HP tersebut terganggu sehingga mengakibatkan penurunan performa. Hal ini juga memungkinkan jika virus tersebut menyerang aplikasi WA milik kamu.

Solusi

Nah untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana caranya mengatasi error yang satu ini, maka kamu bisa mencoba beragam tips berikut ini.

  1. Jangan klik link atau tombol yang mencurigakan.
  2. Kamu bisa melakukan restart pada HP kamu.
  3. Kamu juga bisa melakukan reset factory atau reset pabrik untuk membuat HP kembali menjadi seperti baru.
  4. Minta tolong pada teknisi HP di service center untuk melakukan backup data terlebih dahulu.