PDF Studio Viewer: Aplikasi Penampil PDF dengan Fitur Lanjutan untuk Windows

PDF adalah format file yang populer dan serbaguna, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti dokumen, presentasi, formulir, dan lainnya. Namun, untuk membuka dan mengelola file PDF, Anda membutuhkan aplikasi penampil PDF yang handal dan mudah digunakan. Salah satu aplikasi penampil PDF yang dapat Anda coba adalah PDF Studio Viewer, yang dikembangkan oleh Qoppa Software.

Apa itu PDF Studio Viewer?

PDF Studio Viewer adalah aplikasi penampil PDF gratis untuk Windows, Mac, dan Linux, yang menawarkan fitur-fitur lanjutan yang tidak ditemukan di aplikasi penampil PDF standar. PDF Studio Viewer dapat menampilkan file PDF dengan kualitas tinggi, mengisi dan menyimpan formulir PDF interaktif, memberi anotasi dan markup pada file PDF, dan merender tanda tangan digital dan layer PDF. Selain itu, PDF Studio Viewer memiliki antarmuka pengguna yang canggih, yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda, dan opsi pencetakan dan pencarian yang maju, yang dapat membantu Anda menemukan dan mencetak informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah.

Apa saja fitur-fitur PDF Studio Viewer?

Berikut adalah beberapa fitur-fitur utama yang ditawarkan oleh PDF Studio Viewer:

  • Menampilkan file PDF dengan kualitas tinggi: PDF Studio Viewer dapat menampilkan file PDF dengan kualitas tinggi, tanpa mengurangi kecepatan atau memakan banyak sumber daya. Anda dapat memperbesar dan memperkecil file PDF, memutar halaman, mengubah mode tampilan, dan menyesuaikan warna latar belakang. Anda juga dapat membuka file PDF yang dilindungi dengan kata sandi, dan menampilkan file PDF yang sesuai dengan standar PDF/A, PDF/X, dan PDF/E.
  • Mengisi dan menyimpan formulir PDF interaktif: PDF Studio Viewer dapat mengisi dan menyimpan formulir PDF interaktif, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti aplikasi, survei, kuis, dan lainnya. Anda dapat memasukkan teks, pilihan, tanggal, tanda tangan, dan gambar ke dalam formulir PDF, dan menyimpannya sebagai file PDF baru atau mengirimkannya melalui email. Anda juga dapat mengimpor dan mengekspor data formulir PDF dari dan ke file CSV, XML, atau FDF.
  • Memberi anotasi dan markup pada file PDF: PDF Studio Viewer dapat memberi anotasi dan markup pada file PDF, yang dapat berguna untuk memberi komentar, memberi umpan balik, menyoroti, atau menandai bagian penting dari file PDF. Anda dapat menggunakan berbagai alat anotasi, seperti teks, catatan, bentuk, garis, panah, cap, tanda tangan, tanda centang, dan lainnya. Anda juga dapat mengedit, menghapus, menggabungkan, atau mengurutkan anotasi, dan mengekspor atau mengimpor anotasi sebagai file XFDF.
  • Merender tanda tangan digital dan layer PDF: PDF Studio Viewer dapat merender tanda tangan digital dan layer PDF, yang dapat meningkatkan keamanan dan fleksibilitas file PDF. Anda dapat menampilkan dan memverifikasi tanda tangan digital yang ada di file PDF, dan memeriksa status validasi, tanggal, dan informasi lainnya. Anda juga dapat menampilkan dan menyembunyikan layer PDF, yang dapat digunakan untuk menampilkan konten yang berbeda di file PDF yang sama, seperti bahasa, versi, atau revisi.
  • Antarmuka pengguna yang canggih: PDF Studio Viewer memiliki antarmuka pengguna yang canggih, yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Anda dapat mengubah tema, ukuran font, ikon, dan warna antarmuka pengguna, dan mengatur pintasan keyboard untuk akses cepat ke fitur-fitur yang sering digunakan. Anda juga dapat mengatur tab, panel, toolbar, dan menu sesuai dengan kebutuhan Anda, dan mengubah bahasa antarmuka pengguna dari 27 bahasa yang tersedia.
  • Opsi pencetakan dan pencarian yang maju: PDF Studio Viewer memiliki opsi pencetakan dan pencarian yang maju, yang dapat membantu Anda menemukan dan mencetak informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah. Anda dapat mencari teks, anotasi, atau metadata di file PDF, dan menggunakan filter, operator, atau wildcard untuk mempersempit hasil pencarian. Anda juga dapat mencetak file PDF dengan berbagai opsi, seperti ukuran kertas, orientasi, margin, skala, duplex, dan lainnya.

Bagaimana cara mendapatkan PDF Studio Viewer?

Untuk mendapatkan PDF Studio Viewer, Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari situs web resmi Qoppa Software1. Anda dapat memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi Anda, yaitu Windows, Mac, atau Linux. Ukuran file instalasi PDF Studio Viewer sekitar 200 MB, dan tidak memerlukan koneksi internet untuk instalasi. Setelah menginstal PDF Studio Viewer, Anda dapat langsung membuka dan mengelola file PDF dengan mudah dan cepat.

Apa saja kelebihan dan kekurangan PDF Studio Viewer?

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan PDF Studio Viewer yang perlu Anda ketahui:

  • Kelebihan:
    • Gratis dan ringan
    • Menawarkan fitur-fitur lanjutan yang tidak ditemukan di aplikasi penampil PDF standar
    • Memiliki antarmuka pengguna yang canggih dan dapat disesuaikan
    • Mendukung berbagai standar PDF dan format file lainnya
    • Memiliki integrasi dengan DocuSign, layanan tanda tangan digital populer
  • Kekurangan:
    • Tidak dapat membuat, mengedit, atau mengonversi file PDF
    • Tidak dapat meredaksi, menyamakan, atau mengoptimalkan file PDF
    • Tidak dapat menandatangani digital, membagi, atau menggabungkan file PDF
    • Tidak memiliki fitur OCR, enkripsi, atau penandaan aksesibilitas PDF
    • Tidak memiliki fitur batch processing, imposisi, atau validasi PDF

Kesimpulan

PDF Studio Viewer adalah aplikasi penampil PDF gratis untuk Windows, Mac, dan Linux, yang menawarkan fitur-fitur lanjutan yang tidak ditemukan di aplikasi penampil PDF standar. PDF Studio Viewer dapat menampilkan file PDF dengan kualitas tinggi, mengisi dan menyimpan formulir PDF interaktif, memberi anotasi dan markup pada file PDF, dan merender tanda tangan digital dan layer PDF. Selain itu, PDF Studio Viewer memiliki antarmuka pengguna yang canggih, yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda, dan opsi pencetakan dan pencarian yang maju, yang dapat membantu Anda menemukan dan mencetak informasi yang Anda butuhkan dengan cepat dan mudah.

PDF Studio Viewer adalah aplikasi yang cocok untuk Anda yang ingin membuka dan mengelola file PDF dengan mudah dan cepat, tanpa memerlukan fitur-fitur editing yang kompleks. Namun, jika Anda membutuhkan fitur-fitur editing yang lebih banyak, Anda dapat mencoba PDF Studio Standard atau PDF Studio Pro, yang merupakan versi berbayar dari PDF Studio Viewer, yang menawarkan fitur-fitur tambahan, seperti membuat, mengedit, mengonversi, meredaksi, menyamakan, mengoptimalkan, menandatangani digital, membagi, menggabungkan, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *