Panduan Lengkap untuk Menggunakan Fitur CCleaner seperti Cleaner, Tools, dan Options

CCleaner adalah salah satu aplikasi optimisasi PC terpopuler di dunia yang dapat membantu Anda membersihkan, mempercepat, dan memperbaiki PC Anda dengan mudah dan efektif. CCleaner memiliki berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan privasi PC Anda. Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menggunakan fitur-fitur CCleaner dengan benar dan optimal? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda tentang cara menggunakan fitur CCleaner seperti Cleaner, Tools, dan Options. Artikel ini juga akan memberikan beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan hasil terbaik dari CCleaner.

Apa itu CCleaner?

CCleaner adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Piriform, sebuah perusahaan yang merupakan bagian dari Avast, salah satu penyedia solusi keamanan terkemuka di dunia. CCleaner dirilis pertama kali pada tahun 2003 dan sejak itu telah diunduh lebih dari 2,5 miliar kali oleh pengguna di seluruh dunia1. CCleaner tersedia untuk Windows, Mac, dan Android, serta untuk pengguna bisnis dan rumahan. CCleaner juga memiliki versi gratis dan berbayar yang menawarkan fitur-fitur berbeda sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

CCleaner dapat membantu Anda membersihkan, mempercepat, dan memperbaiki PC Anda dengan cara:

  • Menghapus file-file sampah, sementara, dan tidak terpakai yang menumpuk di PC Anda dan membebani ruang penyimpanan, memori, dan prosesor Anda.
  • Membersihkan riwayat penelusuran, cookie, cache, dan jejak online lainnya yang dapat mengganggu privasi dan identitas Anda di internet.
  • Membersihkan dan memperbaiki registri yang menjadi berantakan dengan kesalahan dan pengaturan yang rusak yang dapat menyebabkan crash dan masalah stabilitas.
  • Memperbarui driver perangkat keras yang ketinggalan zaman, bermasalah, atau tidak kompatibel yang dapat mempengaruhi kualitas visual, suara, dan konektivitas internet Anda.
  • Memeriksa dan merekomendasikan perbaikan cepat untuk PC Anda, kemudian menyetel dan memperbarui PC Anda secara otomatis agar berjalan dan memulai lebih cepat, dan lebih aman.
  • Menonaktifkan program-program yang berjalan diam-diam di latar belakang saat Anda memulai PC Anda, yang dapat memperlambat waktu boot dan mengurangi kinerja PC Anda.
  • Mengelola dan menghapus program-program yang tidak Anda inginkan atau jarang Anda gunakan, yang dapat menghemat ruang penyimpanan dan membebaskan sumber daya PC Anda.
  • Menyediakan fitur-fitur lanjutan seperti penghapusan file secara permanen, pemulihan file yang terhapus, analisis disk, duplikat finder, dan lain-lain.

Dengan menggunakan fitur-fitur CCleaner secara teratur, Anda dapat menjaga PC Anda tetap bersih, cepat, dan aman, serta menghemat waktu, uang, dan energi Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Cleaner?

Fitur Cleaner adalah fitur utama CCleaner yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan file-file yang tidak perlu dari PC Anda. Fitur Cleaner terdiri dari dua tab, yaitu Custom Clean dan Health Check. Custom Clean memungkinkan Anda memilih file-file apa saja yang ingin Anda bersihkan dari PC Anda, sedangkan Health Check memungkinkan Anda membersihkan PC Anda dengan satu klik tanpa harus mengatur apa-apa. Berikut adalah cara menggunakan fitur Cleaner:

Custom Clean

Untuk menggunakan Custom Clean, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CCleaner dan klik tab Custom Clean di sebelah kiri.
  • Anda akan melihat dua panel, yaitu Windows dan Applications. Panel Windows menampilkan file-file yang terkait dengan sistem operasi Windows, seperti Temporary Files, Recycle Bin, Recent Documents, dan lain-lain. Panel Applications menampilkan file-file yang terkait dengan aplikasi-aplikasi yang Anda instal di PC Anda, seperti Internet Explorer, Google Chrome, Microsoft Office, Adobe Reader, dan lain-lain.
  • Anda dapat mencentang atau menghapus centang pada kotak-kotak yang ada di setiap panel untuk memilih file-file apa saja yang ingin Anda bersihkan. Anda juga dapat mengklik tombol Analyze untuk melihat berapa banyak ruang yang dapat Anda hemat dengan membersihkan file-file tersebut.
  • Setelah Anda memilih file-file yang ingin Anda bersihkan, klik tombol Run Cleaner untuk memulai proses pembersihan. Anda mungkin diminta untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan agar proses pembersihan dapat berjalan lancar.
  • Tunggu sampai proses pembersihan selesai, kemudian Anda akan melihat berapa banyak ruang yang telah Anda bebaskan dari PC Anda.

Health Check

Untuk menggunakan Health Check, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CCleaner dan klik tab Health Check di sebelah kiri.
  • Anda akan melihat empat panel, yaitu Privacy, Space, Speed, dan Security. Panel Privacy menampilkan file-file yang terkait dengan aktivitas online Anda, seperti riwayat penelusuran, cookie, cache, dan lain-lain. Panel Space menampilkan file-file yang terkait dengan ruang penyimpanan PC Anda, seperti file sampah, sementara, dan tidak terpakai. Panel Speed menampilkan file-file yang terkait dengan kinerja PC Anda, seperti program startup, driver, dan lain-lain. Panel Security menampilkan file-file yang terkait dengan keamanan PC Anda, seperti software updater, antivirus, dan lain-lain.
  • Anda dapat mengklik tombol Start Smart Scan untuk memulai proses pemindaian PC Anda. CCleaner akan menganalisis file-file yang ada di setiap panel dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk PC Anda.
  • Setelah proses pemindaian selesai, Anda dapat mengklik tombol Make it better untuk memulai proses pembersihan dan perbaikan PC Anda. Anda mungkin diminta untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan agar proses pembersihan dan perbaikan dapat berjalan lancar.
  • Tunggu sampai proses pembersihan dan perbaikan selesai, kemudian Anda akan melihat berapa banyak ruang yang telah Anda bebaskan, berapa banyak masalah yang telah Anda perbaiki, dan berapa banyak aplikasi yang telah Anda perbarui dari PC Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Tools?

Fitur Tools adalah fitur tambahan CCleaner yang dapat Anda gunakan untuk mengelola dan mengoptimalkan PC Anda dengan lebih detail dan spesifik. Fitur Tools terdiri dari beberapa tab, yaitu Uninstall, Software Updater, Startup, Browser Plugins, Disk Analyzer, Duplicate Finder, System Restore, Drive Wiper, Driver Updater, Performance Optimizer, dan PC Health Check. Berikut adalah cara menggunakan fitur Tools:

Software Updater

Tab Software Updater memungkinkan Anda memperbarui aplikasi-aplikasi yang ketinggalan zaman di PC Anda dengan mudah dan cepat. Aplikasi yang ketinggalan zaman dapat menimbulkan risiko keamanan dan kinerja, karena dapat memiliki celah, bug, atau masalah kompatibilitas. CCleaner dapat memindai PC Anda dan menampilkan daftar aplikasi yang membutuhkan pembaruan, beserta versi saat ini dan terbaru. Anda juga dapat melihat tingkat prioritas pembaruan, yaitu kritis, tinggi, atau normal. Untuk menggunakan tab Software Updater, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CCleaner dan klik tab Tools di sebelah kiri, kemudian klik tab Software Updater.
  • Anda akan melihat daftar aplikasi yang membutuhkan pembaruan. Anda dapat mencentang atau menghapus centang pada kotak-kotak yang ada di sebelah kiri untuk memilih aplikasi apa saja yang ingin Anda perbarui. Anda juga dapat mengklik tombol Check for updates untuk memeriksa apakah ada pembaruan baru yang tersedia.
  • Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda perbarui, klik tombol Update selected untuk memulai proses pembaruan. Anda mungkin diminta untuk menyetujui persyaratan dan ketentuan dari masing-masing aplikasi sebelum memulai pembaruan.
  • Tunggu sampai proses pembaruan selesai, kemudian Anda akan melihat status pembaruan dari setiap aplikasi yang Anda pilih.

Startup

Tab Startup memungkinkan Anda mengelola program-program yang berjalan secara otomatis saat Anda memulai PC Anda. Program-program ini dapat memperlambat waktu boot dan mengurangi kinerja PC Anda, karena mereka menggunakan sumber daya PC Anda tanpa Anda sadari. CCleaner dapat menampilkan daftar program-program yang berjalan saat startup, beserta nama, penerbit, dan dampaknya terhadap waktu boot. Anda juga dapat melihat program-program yang berjalan di latar belakang, seperti layanan Windows, tugas terjadwal, dan ekstensi browser. Untuk menggunakan tab Startup, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CCleaner dan klik tab Tools di sebelah kiri, kemudian klik tab Startup.
  • Anda akan melihat daftar program-program yang berjalan saat startup. Anda dapat mengklik tab-tab di bagian atas untuk beralih antara Windows, Scheduled Tasks, Context Menu, Windows Services, dan Browser Plugins. Anda juga dapat mengklik tombol Save to text file untuk menyimpan daftar program-program tersebut ke file teks.
  • Anda dapat mengklik kanan pada setiap program untuk melihat opsi-opsi yang tersedia, seperti Enable, Disable, Delete, Open file location, Search online, dan Properties. Anda juga dapat mengklik tombol Enable All atau Disable All untuk mengaktifkan atau menonaktifkan semua program sekaligus.
  • Setelah Anda mengelola program-program yang berjalan saat startup, Anda dapat menutup CCleaner atau memulai ulang PC Anda untuk melihat perbedaan waktu boot dan kinerja PC Anda.

Browser Plugins

Tab Browser Plugins memungkinkan Anda mengelola ekstensi-ekstensi yang terpasang di browser Anda. Ekstensi-ekstensi ini dapat menambahkan fitur-fitur tambahan ke browser Anda, seperti blokir iklan, manajemen kata sandi, atau tema. Namun, ekstensi-ekstensi ini juga dapat memperlambat browser Anda, mengganggu pengalaman browsing Anda, atau bahkan mengandung malware. CCleaner dapat menampilkan daftar ekstensi-ekstensi yang terpasang di browser Anda, beserta nama, penerbit, dan statusnya. Anda juga dapat melihat ekstensi-ekstensi yang terpasang di berbagai browser, seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain-lain. Untuk menggunakan tab Browser Plugins, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CCleaner dan klik tab Tools di sebelah kiri, kemudian klik tab Browser Plugins.
  • Anda akan melihat daftar ekstensi-ekstensi yang terpasang di browser Anda. Anda dapat mengklik tab-tab di bagian atas untuk beralih antara berbagai browser. Anda juga dapat mengklik tombol Save to text file untuk menyimpan daftar ekstensi-ekstensi tersebut ke file teks.
  • Anda dapat mengklik kanan pada setiap ekstensi untuk melihat opsi-opsi yang tersedia, seperti Enable, Disable, Delete, Open file location, Search online, dan Properties. Anda juga dapat mengklik tombol Enable All atau Disable All untuk mengaktifkan atau menonaktifkan semua ekstensi sekaligus.
  • Setelah Anda mengelola ekstensi-ekstensi yang terpasang di browser Anda, Anda dapat menutup CCleaner atau memulai ulang browser Anda untuk melihat perbedaan kecepatan dan pengalaman browsing Anda.

Disk Analyzer

Tab Disk Analyzer memungkinkan Anda menganalisis ruang penyimpanan yang digunakan oleh file-file di PC Anda. Anda dapat melihat file-file apa saja yang mengambil ruang paling banyak, berapa persentase ruang yang mereka gunakan, dan di mana lokasi mereka. Anda juga dapat memilih kategori file yang ingin Anda analisis, seperti Gambar, Musik, Video, Dokumen, dan lain-lain. Anda juga dapat memilih drive atau folder tertentu yang ingin Anda analisis. Untuk menggunakan tab Disk Analyzer, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka CCleaner dan klik tab Tools di sebelah kiri, kemudian klik tab Disk Analyzer.
  • Anda akan melihat pilihan-pilihan untuk menganalisis file-file di PC Anda. Anda dapat mencentang atau menghapus centang pada kotak-kotak yang ada di sebelah kiri untuk memilih kategori file yang ingin Anda analisis. Anda juga dapat mengklik tombol Analyze All Drives atau Analyze Selected Drive untuk memilih drive atau folder tertentu yang ingin Anda analisis.
  • Setelah Anda memilih kategori file dan drive atau folder yang ingin Anda analisis, klik tombol Analyze untuk memulai proses analisis. Anda mungkin harus menunggu beberapa saat tergantung pada ukuran dan jumlah file yang Anda analisis.
  • Setelah proses analisis selesai, Anda akan melihat daftar file-file yang ada di PC Anda, beserta ukuran, persentase, dan lokasi mereka. Anda juga dapat melihat grafik lingkaran yang menampilkan distribusi ruang penyimpanan berdasarkan kategori file. Anda juga dapat mengklik tombol Save to text file untuk menyimpan daftar file-file tersebut ke file teks.
  • Anda dapat mengklik kanan pada setiap file untuk melihat opsi-opsi yang tersedia, seperti Open, Open file location, Delete, Search online, dan Properties. Anda juga dapat mengklik tombol Delete Selected untuk menghapus file-file yang Anda pilih dari PC Anda. Anda mungkin diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan file-file tersebut sebelum melanjutkan.
  • Setelah Anda menganalisis dan menghapus file-file yang tidak perlu dari PC Anda, Anda dapat menutup CCleaner atau memulai ulang PC Anda untuk melihat perbedaan ruang penyimpanan dan kinerja PC Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *