Microsoft Defender: Aplikasi Pemulihan Terbaik untuk PC Anda

Microsoft Defender adalah aplikasi keamanan yang membantu Anda tetap lebih aman secara online dengan pemantauan pencurian identitas, pemantauan kredit, perlindungan multi-perangkat, dan lainnya. Anda dapat mendapatkan Microsoft Defender dengan langganan Microsoft 365 Personal atau Family dan mengaksesnya di perangkat Windows, Android, iOS, dan macOS.

Microsoft Defender dapat menjadi alat berharga untuk melindungi tabungan dan aset Anda, dan memberi Anda lebih banyak pilihan dan kontrol atas perawatan Anda. Namun, Microsoft Defender juga bisa mahal dan rumit, dan tidak semua orang dapat memenuhi syarat atau mampu membelinya. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa itu Microsoft Defender dan apa yang ditawarkannya?
  • Bagaimana cara menginstal dan mengaktifkan Microsoft Defender di perangkat Anda?
  • Bagaimana cara menggunakan Microsoft Defender untuk melindungi PC Anda dari ancaman?
  • Bagaimana cara menghemat uang pada Microsoft Defender?
  • Apa saja alternatif Microsoft Defender yang tersedia?

Apa itu Microsoft Defender dan apa yang ditawarkannya?

Microsoft Defender adalah aplikasi keamanan yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari layanan Microsoft 365. Microsoft Defender dirancang untuk memberikan perlindungan holistik untuk identitas, informasi, dan aplikasi Anda di semua perangkat Anda. Microsoft Defender menawarkan fitur-fitur berikut:

  • Pemantauan pencurian identitas: Microsoft Defender membantu Anda mendeteksi dan mencegah pencurian identitas dengan memantau aktivitas yang mencurigakan di akun online Anda, seperti login yang tidak sah, perubahan kata sandi, atau pembelian yang tidak biasa. Jika Microsoft Defender mendeteksi adanya ancaman, Anda akan menerima pemberitahuan dan saran untuk mengambil tindakan. Anda juga dapat mengakses laporan pencurian identitas yang komprehensif yang menunjukkan riwayat dan status keamanan identitas Anda.
  • Pemantauan kredit: Microsoft Defender membantu Anda melindungi kredit Anda dengan memantau skor dan laporan kredit Anda secara berkala. Anda dapat melihat skor kredit Anda dari salah satu biro kredit utama, serta mendapatkan akses ke laporan kredit lengkap Anda. Anda juga dapat menerima pemberitahuan jika ada perubahan atau permintaan baru di laporan kredit Anda, serta mendapatkan saran untuk meningkatkan skor kredit Anda.
  • Perlindungan multi-perangkat: Microsoft Defender membantu Anda melindungi semua perangkat Anda dari malware, phishing, ransomware, dan ancaman online lainnya. Anda dapat menginstal Microsoft Defender di hingga lima perangkat per orang, termasuk PC, laptop, tablet, ponsel, dan Mac. Anda dapat mengelola dan memantau keamanan semua perangkat Anda dari satu dasbor, serta mendapatkan pembaruan dan peringatan secara real-time.
  • Perlindungan keluarga: Microsoft Defender membantu Anda menjaga keamanan dan kesejahteraan keluarga Anda dengan memberikan Anda alat untuk mengatur batas waktu layar, filter konten, pelacakan lokasi, dan aktivitas online anak-anak Anda. Anda dapat membuat profil untuk setiap anggota keluarga, dan menyesuaikan pengaturan keamanan dan privasi sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka. Anda juga dapat melihat laporan aktivitas yang menunjukkan bagaimana anak-anak Anda menggunakan perangkat mereka, serta mendapatkan saran untuk meningkatkan keamanan dan kesehatan digital mereka.

Bagaimana cara menginstal dan mengaktifkan Microsoft Defender di perangkat Anda?

Untuk dapat menggunakan Microsoft Defender, Anda harus memiliki langganan Microsoft 365 Personal atau Family yang aktif. Jika Anda belum memiliki langganan, Anda dapat membelinya di situs web Microsoft atau di toko aplikasi perangkat Anda. Setelah Anda memiliki langganan, Anda dapat mengunduh dan menginstal Microsoft Defender di perangkat Anda dengan langkah-langkah berikut:

    • Buka situs web Microsoft Defender di 5 atau pindai kode QR berikut di perangkat Anda.

!QR code

  • Pilih perangkat Anda dari daftar yang tersedia, dan klik tombol Unduh atau Dapatkan.
  • Anda akan diarahkan ke toko aplikasi perangkat Anda, di mana Anda dapat mengunduh dan menginstal Microsoft Defender.
  • Setelah menginstal, masuk dengan akun Microsoft pribadi (seperti @outlook.com, @hotmail.com, atau @live.com) yang terkait dengan langganan Microsoft 365 Anda.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan dan aktivasi Microsoft Defender di perangkat Anda.

Catatan: Jika perangkat Anda memiliki Profil Pribadi dan Profil Kerja, maka Anda harus menginstal aplikasi di Profil Pribadi.

Bagaimana cara menggunakan Microsoft Defender untuk melindungi PC Anda dari ancaman?

Microsoft Defender memberikan perlindungan antivirus dan anti-malware yang canggih dan selalu aktif untuk PC Anda. Microsoft Defender juga memberikan fitur-fitur tambahan yang dapat membantu Anda meningkatkan keamanan dan kinerja PC Anda, seperti Pemindaian Sistem, Perlindungan Ransomware, Perlindungan Folder Terkendali, Pembersihan Perangkat, dan lainnya. Berikut adalah cara menggunakan beberapa fitur Microsoft Defender untuk melindungi PC Anda dari ancaman:

  • Pemindaian Sistem: Pemindaian Sistem adalah fitur yang memeriksa PC Anda untuk adanya malware, virus, spyware, dan ancaman lainnya. Anda dapat menjalankan Pemindaian Sistem secara manual atau menjadwalkannya secara otomatis. Untuk menjalankan Pemindaian Sistem secara manual, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Buka aplikasi Microsoft Defender di PC Anda, dan klik tab Keamanan.
    • Klik tombol Pindai Sekarang di bawah bagian Pemindaian Sistem.
    • Tunggu hingga proses pemindaian selesai, dan lihat hasilnya.
    • Jika Microsoft Defender menemukan ancaman, Anda dapat memilih untuk menghapus, mengkarantina, atau mengizinkan ancaman tersebut.
  • Perlindungan Ransomware: Perlindungan Ransomware adalah fitur yang membantu Anda mencegah dan pulih dari serangan ransomware, yaitu jenis malware yang mengenkripsi data Anda dan meminta tebusan untuk mengembalikannya. Untuk mengaktifkan Perlindungan Ransomware, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Buka aplikasi Microsoft Defender di PC Anda, dan klik tab Keamanan.
    • Klik tombol Aktifkan di bawah bagian Perlindungan Ransomware.
    • Anda akan diminta untuk mengaktifkan dua fitur, yaitu Perlindungan Folder Terkendali dan Pemulihan Data SatuDrive.
    • Perlindungan Folder Terkendali: Perlindungan Folder Terkendali adalah fitur yang membantu Anda melindungi folder penting Anda dari akses tidak sah oleh aplikasi yang mencurigakan. Anda dapat memilih folder mana yang ingin Anda lindungi, seperti Dokumen, Gambar, Video, atau folder khusus lainnya. Anda juga dapat menambahkan aplikasi yang Anda percayai ke daftar yang diizinkan, sehingga mereka dapat mengakses folder terkendali Anda. Jika aplikasi yang tidak dikenal mencoba mengubah, menghapus, atau mengenkripsi file di folder terkendali Anda, Microsoft Defender akan memblokirnya dan memberi tahu Anda.
    • Pemulihan Data SatuDrive: Pemulihan Data SatuDrive adalah fitur yang membantu Anda memulihkan file Anda jika terkena serangan ransomware. Jika Anda menyimpan file Anda di SatuDrive, Microsoft Defender akan membuat salinan cadangan dari file-file tersebut, yang dapat Anda kembalikan jika file asli Anda dienkripsi oleh ransomware. Anda juga dapat mengontak tim dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan dalam proses pemulihan.
  • Pembersihan Perangkat: Pembersihan Perangkat adalah fitur yang membantu Anda meningkatkan kinerja PC Anda dengan membersihkan file sampah, cache, dan sisa-sisa instalasi yang tidak perlu. Anda dapat menjalankan Pembersihan Perangkat secara manual atau menjadwalkannya secara otomatis. Untuk menjalankan Pembersihan Perangkat secara manual, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Buka aplikasi Microsoft Defender di PC Anda, dan klik tab Kinerja.
    • Klik tombol Bersihkan Sekarang di bawah bagian Pembersihan Perangkat.
    • Tunggu hingga proses pembersihan selesai, dan lihat hasilnya.
    • Anda dapat melihat berapa banyak ruang disk yang telah Anda hemat dengan menghapus file yang tidak perlu.

Bagaimana cara menghemat uang pada Microsoft Defender?

Microsoft Defender adalah aplikasi yang berbayar, yang membutuhkan langganan Microsoft 365 untuk dapat digunakan. Langganan Microsoft 365 memiliki dua pilihan, yaitu Personal dan Family. Langganan Personal berharga Rp 1.099.000 per tahun atau Rp 109.900 per bulan, dan memberikan Anda akses ke Microsoft Defender dan aplikasi Microsoft 365 lainnya, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan OneNote, di satu perangkat. Langganan Family berharga Rp 1.399.000 per tahun atau Rp 139.900 per bulan, dan memberikan Anda akses ke Microsoft Defender dan aplikasi Microsoft 365 lainnya, di hingga enam perangkat untuk enam orang.

Jika Anda ingin menghemat uang pada Microsoft Defender, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pilih langganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda: Jika Anda hanya menggunakan satu perangkat, Anda dapat memilih langganan Personal, yang lebih murah daripada langganan Family. Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat, atau ingin berbagi langganan dengan anggota keluarga atau teman, Anda dapat memilih langganan Family, yang lebih hemat daripada membeli langganan Personal untuk setiap orang.
  • Pilih pembayaran tahunan daripada bulanan: Jika Anda yakin ingin menggunakan Microsoft Defender untuk jangka waktu yang lama, Anda dapat memilih pembayaran tahunan, yang lebih murah daripada pembayaran bulanan. Misalnya, langganan Personal tahunan berharga Rp 1.099.000, yang setara dengan Rp 91.583 per bulan, sedangkan langganan Personal bulanan berharga Rp 109.900, yang setara dengan Rp 1.318.800 per tahun. Anda dapat menghemat Rp 219.800 per tahun dengan memilih pembayaran tahunan.
  • Manfaatkan penawaran dan diskon: Anda dapat mencari penawaran dan diskon yang tersedia untuk Microsoft Defender dan Microsoft 365 di situs web Microsoft atau toko aplikasi perangkat Anda. Anda juga dapat memanfaatkan program loyalitas, kupon, atau kartu hadiah yang dapat mengurangi biaya langganan Anda.

Apa saja alternatif Microsoft Defender yang tersedia?

Microsoft Defender adalah salah satu aplikasi keamanan yang populer dan andal, tetapi bukan satu-satunya pilihan yang tersedia. Ada banyak aplikasi keamanan lain yang dapat Anda gunakan untuk melindungi PC Anda dari ancaman, baik yang berbayar maupun yang gratis. Beberapa contoh aplikasi keamanan alternatif yang dapat Anda pertimbangkan adalah:

  • Bitdefender: Bitdefender adalah aplikasi keamanan yang menawarkan perlindungan antivirus, anti-malware, anti-ransomware, anti-phishing, firewall, VPN, dan lainnya. Bitdefender memiliki beberapa pilihan produk, seperti Bitdefender Antivirus Plus, Bitdefender Internet Security, Bitdefender Total Security, dan Bitdefender Family Pack, dengan harga mulai dari Rp 299.000 per tahun untuk satu perangkat. Bitdefender juga memiliki versi gratis yang menawarkan perlindungan dasar.
  • Kaspersky: Kaspersky adalah aplikasi keamanan yang menawarkan perlindungan antivirus, anti-malware, anti-ransomware, anti-phishing, firewall, VPN, dan lainnya. Kaspersky memiliki beberapa pilihan produk, seperti Kaspersky Anti-Virus, Kaspersky Internet Security, Kaspersky Total Security, dan Kaspersky Security Cloud, dengan harga mulai dari Rp 199.000 per tahun untuk satu perangkat. Kaspersky juga memiliki versi gratis yang menawarkan perlindungan dasar.
  • Avast: Avast adalah aplikasi keamanan yang menawarkan perlindungan antivirus, anti-malware, anti-ransomware, anti-phishing, firewall, VPN, dan lainnya. Avast memiliki beberapa pilihan produk, seperti Avast Premium Security, Avast Ultimate, dan Avast Business, dengan harga mulai dari Rp 499.000 per tahun untuk satu perangkat. Avast juga memiliki versi gratis yang menawarkan perlindungan dasar.
  • Avira: Avira adalah aplikasi keamanan yang menawarkan perlindungan antivirus, anti-malware, anti-ransomware, anti-phishing, firewall, VPN, dan lainnya. Avira memiliki beberapa pilihan produk, seperti Avira Antivirus Pro, Avira Internet Security, Avira Prime, dan Avira Business, dengan harga mulai dari Rp 299.000 per tahun untuk satu perangkat. Avira juga memiliki versi gratis yang menawarkan perlindungan dasar.

Kesimpulan

Microsoft Defender adalah aplikasi keamanan yang dapat membantu Anda tetap lebih aman secara online dengan pemantauan pencurian identitas, pemantauan kredit, perlindungan multi-perangkat, dan lainnya. Anda dapat mendapatkan Microsoft Defender dengan langganan Microsoft 365 Personal atau Family dan mengaksesnya di perangkat Windows, Android, iOS, dan macOS. Microsoft Defender dapat memberikan Anda perlindungan antivirus dan anti-malware yang canggih dan selalu aktif untuk PC Anda, serta fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan keamanan dan kinerja PC Anda. Namun, Microsoft Defender juga bisa mahal dan rumit, dan tidak semua orang dapat memenuhi syarat atau mampu membelinya. Anda dapat mempertimbangkan beberapa cara untuk menghemat uang pada Microsoft Defender, atau mencari alternatif Microsoft Defender yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *