Fitur Baru Google Docs yang Harus Anda Ketahui dan Coba

Google Docs adalah salah satu aplikasi pengolah kata online yang paling populer di dunia. Google Docs menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat, menyunting, dan berbagi dokumen dengan mudah dan cepat. Namun, tahukah Anda bahwa Google Docs juga memiliki beberapa fitur baru yang mungkin belum Anda ketahui dan coba? Fitur-fitur baru ini dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kolaborasi Anda dalam membuat dokumen. Berikut adalah beberapa fitur baru Google Docs yang harus Anda ketahui dan coba:

Smart Compose

Smart Compose adalah fitur yang membantu Anda menulis lebih cepat dan lebih baik dengan memberikan saran kata dan frasa yang sesuai dengan konteks dokumen Anda. Smart Compose menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mempelajari gaya dan preferensi Anda dalam menulis, serta menyesuaikan saran dengan topik dan tujuan dokumen Anda. Anda dapat menerima saran Smart Compose dengan menekan tombol Tab atau Enter pada keyboard Anda, atau mengklik saran yang muncul di layar. Fitur ini dapat menghemat waktu dan energi Anda dalam menulis, serta mengurangi kesalahan ejaan dan tata bahasa.

Smart Canvas

Smart Canvas adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen yang lebih interaktif dan dinamis dengan mengintegrasikan berbagai elemen dari aplikasi Google lainnya, seperti Google Meet, Google Chat, Google Calendar, Google Sheets, Google Slides, dan lainnya. Anda dapat menambahkan elemen-elemen ini ke dokumen Anda dengan menggunakan @mentions, smart chips, checklists, tabel, dan lainnya. Fitur ini dapat meningkatkan kolaborasi dan komunikasi Anda dengan tim Anda dalam membuat dokumen, serta memudahkan Anda untuk mengakses dan mengelola informasi yang relevan dengan dokumen Anda.

Live Captions

Live Captions adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menampilkan teks dari suara yang Anda dengar saat menggunakan Google Docs. Fitur ini dapat berguna saat Anda ingin menulis catatan dari sebuah presentasi, rapat, podcast, video, atau sumber audio lainnya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik ikon speaker di pojok kanan bawah dokumen Anda, atau dengan menggunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + C (Windows) atau Command + Shift + C (Mac). Fitur ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan Anda dengan sumber audio yang Anda dengar, serta memudahkan Anda untuk menyalin dan menyisipkan teks dari suara ke dokumen Anda.

Pageless Format

Pageless Format adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen tanpa batasan halaman. Fitur ini dapat berguna saat Anda ingin membuat dokumen yang lebih fleksibel dan kreatif, seperti poster, flyer, brosur, undangan, kartu ucapan, dan lainnya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik menu File, lalu pilih Page Setup, dan centang opsi Pageless. Fitur ini dapat membantu Anda untuk menyesuaikan ukuran, bentuk, warna, dan tata letak dokumen Anda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, serta memudahkan Anda untuk mencetak dan membagikan dokumen Anda.

Templat Baru

Templat Baru adalah fitur yang menawarkan Anda berbagai pilihan desain dan format dokumen yang siap pakai untuk berbagai keperluan, seperti resume, surat lamaran, laporan, proposal, newsletter, dan lainnya. Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengklik menu File, lalu pilih New, dan pilih salah satu templat yang tersedia. Fitur ini dapat membantu Anda untuk membuat dokumen yang lebih profesional dan menarik dengan mudah dan cepat, serta menghemat waktu dan energi Anda dalam menyiapkan dokumen Anda.

Kesimpulan

Google Docs adalah aplikasi pengolah kata online yang paling populer di dunia. Google Docs menawarkan berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat, menyunting, dan berbagi dokumen dengan mudah dan cepat. Namun, Google Docs juga memiliki beberapa fitur baru yang mungkin belum Anda ketahui dan coba. Fitur-fitur baru ini dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kolaborasi Anda dalam membuat dokumen. Fitur-fitur baru Google Docs yang harus Anda ketahui dan coba adalah:
• Smart Compose: fitur yang membantu Anda menulis lebih cepat dan lebih baik dengan memberikan saran kata dan frasa yang sesuai dengan konteks dokumen Anda.
• Smart Canvas: fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen yang lebih interaktif dan dinamis dengan mengintegrasikan berbagai elemen dari aplikasi Google lainnya.
• Live Captions: fitur yang memungkinkan Anda untuk menampilkan teks dari suara yang Anda dengar saat menggunakan Google Docs.
• Pageless Format: fitur yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen tanpa batasan halaman.
• Templat Baru: fitur yang menawarkan Anda berbagai pilihan desain dan format dokumen yang siap pakai untuk berbagai keperluan.
Dengan menggunakan fitur-fitur baru Google Docs ini, Anda dapat membuat dokumen yang lebih baik dan lebih efisien. Selamat mencoba! 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *