Cara Menggunakan Adobe Premiere Rush untuk Membuat Video Profesional di Ponsel

Video adalah salah satu media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan, cerita, atau informasi kepada audiens. Video juga dapat meningkatkan keterlibatan, konversi, dan loyalitas pelanggan. Namun, membuat video yang berkualitas dan menarik tidaklah mudah. Anda membutuhkan peralatan, software, dan keterampilan yang memadai.

Namun, dengan perkembangan teknologi, kini Anda dapat membuat video profesional di ponsel Anda dengan mudah dan cepat. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda adalah Adobe Premiere Rush. Adobe Premiere Rush adalah aplikasi pengeditan video lintas perangkat yang memungkinkan Anda merekam, mengedit, dan membagikan video online dengan tool dan efek profesional. Anda dapat menyesuaikan judul animasi, menambahkan musik, dan mengekspor dalam kualitas 4K dengan ekspor tanpa batas atau fitur premium.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan Adobe Premiere Rush untuk membuat video profesional di ponsel Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkah utama yang perlu Anda ketahui sebagai editor video pemula atau sesekali. Kami juga akan memberikan contoh, studi kasus, dan statistik yang relevan untuk mendukung poin-poin kami. Kami akan mengatur ide-ide kami menggunakan daftar tak berurut dengan tag

    dan

  • di mana sesuai. Kami akan menyimpulkan dengan ringkasan kuat yang mengikat bersama poin-poin utama artikel. Ingatlah untuk melampirkan judul dalam tag judul yang ditentukan untuk memudahkan penguraian konten. Selain itu, bungkus paragraf genap dalam taguntuk meningkatkan keterbacaan.

    Apa itu Adobe Premiere Rush?

    Adobe Premiere Rush adalah aplikasi pengeditan video yang dikembangkan oleh Adobe, perusahaan yang terkenal dengan produk-produk kreatifnya seperti Photoshop, Illustrator, dan Premiere Pro. Adobe Premiere Rush dirancang untuk memudahkan Anda membuat video yang menakjubkan di mana saja. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di ponsel, tablet, atau komputer Anda. Anda juga dapat menyinkronkan proyek Anda di semua perangkat Anda dengan penyimpanan cloud Adobe.

    Adobe Premiere Rush memiliki fitur-fitur penting untuk mengedit video, seperti:

    • Rekam video dengan kamera bawaan aplikasi atau impor video dari galeri Anda
    • Potong, susun, dan atur klip video Anda dengan timeline intuitif
    • Sesuaikan warna, eksposur, kontras, dan saturasi video Anda dengan koreksi warna prasetel atau manual
    • Tambahkan transisi, filter, stiker, teks, dan grafis bergerak ke video Anda dengan template bawaan atau buat sendiri
    • Impor dan sesuaikan audio, dengan pembenaman audio dan alih suara yang mudah
    • Eksport video Anda ke media sosial favorit Anda dengan rasio aspek yang tepat
    • Ubah kecepatan video Anda dengan kontrol kecepatan profesional
    • Gunakan fitur Geser dan Perbesar dan Bingkai Ulang Otomatis untuk menyesuaikan video Anda dengan orientasi layar yang berbeda

    Adobe Premiere Rush tersedia untuk perangkat iOS, Android, Windows, dan Mac. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari App Store, Google Play, atau situs web Adobe. Anda dapat mulai menggunakan Premiere Rush secara gratis dengan akses ke ekspor tanpa batas, pengeditan dan penerapan efek yang mudah, grafis yang dapat disesuaikan sepenuhnya, dan pustaka suara bebas royalti. Anda juga dapat meningkatkan ke paket Aplikasi Tunggal Premiere Rush Single untuk Rp149.628/bulan yang menambahkan penyimpanan cloud 100 GB (dengan kemampuan untuk meningkatkan hingga 10 TB).

    Bagaimana Cara Menggunakan Adobe Premiere Rush?

    Setelah Anda mengunduh dan menginstal Adobe Premiere Rush di ponsel Anda, Anda dapat mulai membuat video profesional dengan langkah-langkah berikut:

    1. Buat Proyek dan Impor Media

    Untuk memulai proyek video, Anda perlu mengimpor rekaman, foto, dan audio ke Adobe Premiere Rush. Anda dapat melakukannya dengan dua cara:

    • Klik tanda plus (+) di bagian bawah untuk mulai mengedit. Pilih Add Media jika sudah ada file di ponsel Anda atau klik Take Video or Photo untuk mengambil gambar langsung.
    • Klik dokumen, beri nama dan klik Create untuk mengimpor dokumen.

    Anda dapat memilih beberapa file sekaligus dan mengaturnya sesuai urutan yang Anda inginkan. Anda juga dapat menambahkan media lainnya nanti dengan mengetuk ikon plus (+) di timeline.

    2. Potong, Susun, dan Atur Klip Video Anda

    Setelah Anda mengimpor media ke Adobe Premiere Rush, Anda dapat mulai mengedit klip video Anda dengan timeline. Timeline adalah area di mana Anda dapat melihat dan mengatur klip video Anda secara sekuensial. Anda dapat melakukan hal-hal berikut di timeline:

    • Geser klip video Anda ke kiri atau kanan untuk mengubah urutannya
    • Potong klip video Anda dengan menyeret ujungnya ke dalam atau ke luar untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan
    • Ubah ukuran klip video Anda dengan mengetuk dua jari di layar dan mencubit atau meregangkannya untuk memperbesar atau memperkecil tampilannya
    • Pindahkan klip video Anda ke jalur lain dengan menyeretnya ke atas atau ke bawah untuk membuat lapisan atau transisi
    • Hapus klip video Anda dengan mengetuknya dan menekan ikon tong sampah
    • Duplikat klip video Anda dengan mengetuknya dan menekan ikon salin

    Anda dapat melihat pratinjau video Anda dengan mengetuk tombol putar di tengah layar. Anda juga dapat menyesuaikan volume, kecepatan, dan durasi klip video Anda dengan mengetuknya dan menekan ikon pensil.

    3. Sesuaikan Warna, Eksposur, Kontras, dan Saturasi Video Anda

    Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan suasana video Anda adalah dengan menyesuaikan warna, eksposur, kontras, dan saturasi video Anda. Anda dapat melakukannya dengan dua cara:

    • Gunakan koreksi warna prasetel yang disediakan oleh Adobe Premiere Rush. Anda dapat menemukannya dengan mengetuk ikon warna di bagian atas layar. Anda dapat memilih dari berbagai pilihan seperti Auto, Cinematic, Film, Cool, Warm, dan lainnya. Anda juga dapat menggeser slider Intensity untuk mengubah tingkat koreksi warna.
    • Gunakan koreksi warna manual yang memungkinkan Anda mengontrol parameter seperti Exposure, Contrast, Highlights, Shadows, Temperature, Tint, Vibrance, dan Saturation. Anda dapat menemukannya dengan mengetuk ikon pensil di samping ikon warna. Anda dapat menggeser slider untuk setiap parameter sesuai keinginan Anda.

    Anda dapat melihat perbedaan sebelum dan sesudah koreksi warna dengan mengetuk ikon mata di bagian atas layar. Anda juga dapat menyalin pengaturan koreksi warna dari satu klip ke klip lainnya dengan mengetuk ikon salin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *