Cara Menggunakan Acronis True Image 2021 untuk Backup dan Restore Sistem PC Anda

Acronis True Image 2021 adalah sebuah software yang dapat membantu Anda untuk membuat backup dan restore sistem PC Anda dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan Acronis True Image 2021, Anda dapat mengamankan data dan pengaturan sistem PC Anda dari berbagai risiko, seperti virus, malware, ransomware, kerusakan hardware, kesalahan pengguna, atau bencana alam. Anda juga dapat memulihkan sistem PC Anda ke kondisi sebelumnya jika terjadi masalah atau kegagalan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan Acronis True Image 2021 untuk backup dan restore sistem PC Anda dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Kami juga akan memberikan beberapa contoh, studi kasus, dan statistik yang relevan untuk mendukung poin-poin yang kami sampaikan. Kami akan mengatur ide-ide kami menggunakan daftar tak berurut dengan tag

    dan

  • sesuai kebutuhan. Kami akan menutup dengan sebuah ringkasan yang kuat yang mengikat bersama poin-poin utama dari artikel ini. Ingatlah untuk melampirkan judul dalam tag judul yang ditentukan untuk mempermudah pemrosesan konten. Selain itu, bungkus paragraf genap dalam taguntuk meningkatkan keterbacaan.

    Apa itu Acronis True Image 2021 dan Bagaimana Cara Kerjanya?

    Acronis True Image 2021 adalah sebuah software yang dikembangkan oleh Acronis, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang solusi backup, recovery, dan cyber protection. Acronis True Image 2021 adalah versi terbaru dari software ini, yang diluncurkan pada Agustus 2020. Acronis True Image 2021 menawarkan beberapa fitur dan keunggulan yang dapat membantu Anda untuk backup dan restore sistem PC Anda, antara lain:

    • Backup dan restore sistem PC Anda secara lengkap atau sebagian: Anda dapat membuat backup dari seluruh PC Anda, termasuk sistem operasi, aplikasi, pengaturan, file, dan folder, atau hanya dari bagian tertentu yang Anda pilih, seperti disk, partisi, atau file tertentu. Anda juga dapat memulihkan backup tersebut ke PC Anda, baik ke disk asli atau disk baru, atau ke PC lain yang kompatibel. Anda dapat memilih versi backup yang Anda inginkan, dari yang terbaru hingga yang tertua, sesuai dengan kebutuhan Anda.
    • Backup dan restore sistem PC Anda secara online atau offline: Anda dapat membuat backup dari sistem PC Anda secara online, yaitu dengan menyimpannya di cloud storage yang disediakan oleh Acronis, atau di cloud storage pilihan Anda, seperti Google Drive, OneDrive, atau Dropbox. Anda juga dapat membuat backup dari sistem PC Anda secara offline, yaitu dengan menyimpannya di media penyimpanan lokal, seperti hard disk eksternal, flash disk, atau CD/DVD. Anda dapat memulihkan backup tersebut dari cloud storage atau media penyimpanan lokal, sesuai dengan sumber backup yang Anda gunakan.
    • Backup dan restore sistem PC Anda secara otomatis atau manual: Anda dapat membuat backup dari sistem PC Anda secara otomatis, yaitu dengan mengatur jadwal backup yang sesuai dengan preferensi Anda, seperti harian, mingguan, bulanan, atau berdasarkan peristiwa tertentu, seperti saat PC Anda dimatikan, dihidupkan, atau terhubung ke jaringan. Anda juga dapat membuat backup dari sistem PC Anda secara manual, yaitu dengan menjalankan backup kapan saja Anda mau, dengan menekan tombol backup di software Acronis True Image 2021.
    • Backup dan restore sistem PC Anda secara aman dan efisien: Anda dapat membuat backup dari sistem PC Anda secara aman, yaitu dengan mengenkripsi backup Anda dengan password dan algoritma AES-256, yang dapat melindungi backup Anda dari akses yang tidak sah. Anda juga dapat membuat backup dari sistem PC Anda secara efisien, yaitu dengan menggunakan teknologi deduplikasi dan kompresi, yang dapat mengurangi ukuran backup Anda hingga 50%, dan menghemat ruang penyimpanan dan waktu backup Anda.

    Untuk menggunakan Acronis True Image 2021, Anda harus membeli lisensi software ini, yang tersedia dalam beberapa pilihan, seperti Standard, Advanced, dan Premium, dengan harga dan fitur yang berbeda-beda. Anda juga harus menginstal software ini di PC Anda, dan mengaktifkannya dengan kode aktivasi yang Anda dapatkan setelah membeli lisensi. Anda juga harus memiliki media penyimpanan yang cukup untuk menyimpan backup Anda, baik di cloud storage atau media penyimpanan lokal. Setelah itu, Anda dapat mulai menggunakan Acronis True Image 2021 untuk backup dan restore sistem PC Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Cara Backup Sistem PC Anda dengan Acronis True Image 2021

    Setelah Anda membeli, menginstal, dan mengaktifkan Acronis True Image 2021 di PC Anda, Anda dapat mulai membuat backup dari sistem PC Anda dengan langkah-langkah berikut:

    1. Jalankan software Acronis True Image 2021: Anda dapat menjalankan software Acronis True Image 2021 dengan mengklik ikonnya di desktop, taskbar, atau start menu PC Anda. Anda akan melihat tampilan utama software ini, yang terdiri dari beberapa bagian, seperti sidebar, backup list, dan panel kanan.
    2. Pilih sumber backup: Di sidebar, klik Backup untuk mengakses backup Anda. Di backup list, klik Add backup untuk membuat backup baru. Di panel kanan, klik Source untuk memilih sumber backup. Anda dapat memilih antara Entire PC, Disks and partitions, atau Files and folders, sesuai dengan jenis backup yang Anda inginkan. Jika Anda memilih Entire PC, Anda akan membuat backup dari seluruh PC Anda, termasuk sistem operasi, aplikasi, pengaturan, file, dan folder. Jika Anda memilih Disks and partitions, Anda akan membuat backup dari disk atau partisi tertentu yang Anda pilih. Jika Anda memilih Files and folders, Anda akan membuat backup dari file atau folder tertentu yang Anda pilih. Setelah Anda memilih sumber backup, klik Done.
    3. Pilih tujuan backup: Di panel kanan, klik Destination untuk memilih tujuan backup. Anda dapat memilih antara Acronis Cloud, External hard drive, NAS, atau Browse, sesuai dengan media penyimpanan yang Anda gunakan. Jika Anda memilih Acronis Cloud, Anda akan membuat backup di cloud storage yang disediakan oleh Acronis, yang memerlukan koneksi internet dan akun Acronis. Jika Anda memilih External hard drive, Anda akan membuat backup di hard disk eksternal yang terhubung ke PC Anda. Jika Anda memilih NAS, Anda akan membuat backup di Network Attached Storage, yaitu sebuah perangkat penyimpanan yang terhubung ke jaringan lokal PC Anda. Jika Anda memilih Browse, Anda akan membuat backup di media penyimpanan lain yang Anda pilih, seperti flash disk, CD/DVD, atau cloud storage pilihan Anda. Setelah Anda memilih tujuan backup, klik Done.
    4. Atur opsi backup: Di panel kanan, klik Options untuk mengatur opsi backup. Anda dapat mengatur beberapa opsi, seperti nama backup, jadwal backup, enkripsi backup, deduplikasi backup, kompresi backup, dan lain-lain, sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang opsi backup di dokumentasi produk. Setelah Anda mengatur opsi backup, klik Done.
    5. Mulai backup: Di panel kanan, klik Back up now untuk memulai proses backup. Anda dapat melihat status dan kemajuan backup di panel kanan. Anda juga dapat menjeda, melanjutkan, atau membatalkan backup di sini. Anda dapat menutup software Acronis True Image 2021 tanpa mengganggu proses backup, yang akan berjalan di latar belakang. Anda juga dapat membiarkan PC Anda menyala sampai proses backup selesai, atau mengatur PC Anda untuk mati, restart, atau sleep setelah backup selesai. Setelah backup selesai, Anda akan melihat notifikasi di panel kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *