Apa Itu Adobe InDesign CC dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Adobe InDesign CC adalah perangkat lunak desain tata letak dan halaman yang memungkinkan Anda membuat dan menerbitkan berbagai jenis publikasi, baik untuk media cetak maupun digital. Dengan Adobe InDesign CC, Anda dapat membuat buku, majalah, brosur, poster, ebook, PDF interaktif, dan banyak lagi dengan mudah dan profesional.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu Adobe InDesign CC, apa saja fitur dan keunggulannya, serta bagaimana cara mendapatkannya secara legal dan aman. Kami juga akan memberikan beberapa contoh, studi kasus, dan statistik yang relevan untuk mendukung poin-poin kami. Selain itu, kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan Adobe InDesign CC. Mari kita mulai!

Apa itu Adobe InDesign CC?

Adobe InDesign CC adalah singkatan dari Adobe InDesign Creative Cloud, yang merupakan versi terbaru dan tercanggih dari perangkat lunak Adobe InDesign. Adobe InDesign pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai bagian dari Adobe Creative Suite, yang merupakan kumpulan perangkat lunak desain grafis dan multimedia dari Adobe. Sejak itu, Adobe InDesign telah berkembang menjadi salah satu perangkat lunak desain tata letak dan halaman terpopuler dan terpercaya di dunia.

Adobe InDesign CC adalah perangkat lunak yang berbasis vektor, yang berarti bahwa ia dapat menghasilkan gambar dan teks dengan kualitas tinggi tanpa kehilangan resolusi saat diperbesar atau diperkecil. Adobe InDesign CC juga mendukung tipografi yang kaya dan fleksibel, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol aspek-aspek seperti ukuran, gaya, warna, jarak, dan pemformatan teks. Selain itu, Adobe InDesign CC juga memiliki fitur-fitur canggih seperti efek transparansi, gaya objek, tabel, kolom, lapisan, dan lain-lain.

Apa saja fitur dan keunggulan Adobe InDesign CC?

Adobe InDesign CC memiliki banyak fitur dan keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi para desainer, editor, dan penerbit. Berikut adalah beberapa fitur dan keunggulan Adobe InDesign CC yang dapat Anda manfaatkan:

  • Integrasi dengan Creative Cloud: Adobe InDesign CC adalah bagian dari Creative Cloud, yang merupakan platform layanan berbasis cloud dari Adobe yang menyediakan akses ke berbagai perangkat lunak dan sumber daya kreatif. Dengan Creative Cloud, Anda dapat menyimpan, berbagi, dan menyinkronkan file Anda di berbagai perangkat dan aplikasi, seperti Photoshop, Illustrator, dan Premiere Pro. Anda juga dapat mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru, font, gambar, dan template dari Adobe Stock, serta mendapatkan bantuan dan inspirasi dari komunitas kreatif.
  • Kemampuan desain untuk media cetak dan digital: Adobe InDesign CC dapat digunakan untuk membuat publikasi untuk media cetak dan digital dengan mudah dan profesional. Anda dapat menyesuaikan tata letak, warna, font, dan gambar Anda sesuai dengan format dan ukuran yang Anda inginkan, baik itu A4, A5, letter, atau lainnya. Anda juga dapat menambahkan elemen-elemen interaktif seperti animasi, video, audio, hyperlink, dan tombol ke publikasi Anda, serta mengekspornya ke format yang sesuai, seperti PDF, EPUB, HTML, dan lainnya.
  • Kemudahan penggunaan dan fleksibilitas: Adobe InDesign CC memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah pemula, yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit publikasi Anda dengan cepat dan mudah. Anda dapat menggunakan alat-alat seperti kotak teks, gambar, garis, dan bentuk untuk membuat objek-objek di halaman Anda, serta mengatur dan mengelompokkannya dengan menggunakan panel-panel seperti Pages, Layers, Align, dan Swatches. Anda juga dapat menggunakan fitur-fitur seperti master pages, styles, grids, guides, dan smart guides untuk membuat tata letak yang konsisten dan rapi. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan dan memodifikasi publikasi Anda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dengan menggunakan fitur-fitur seperti find and replace, spell check, change case, dan lain-lain.
  • Kualitas dan akurasi output: Adobe InDesign CC dapat menghasilkan output yang berkualitas tinggi dan akurat, baik untuk media cetak maupun digital. Anda dapat memeriksa dan memperbaiki kesalahan-kesalahan seperti gambar yang pecah, warna yang tidak sesuai, atau teks yang terpotong dengan menggunakan fitur-fitur seperti preflight, proofing, separations preview, dan package. Anda juga dapat memastikan bahwa publikasi Anda sesuai dengan standar dan persyaratan industri dengan menggunakan fitur-fitur seperti color management, PDF/X, accessibility, dan lain-lain.

Bagaimana cara mendapatkan Adobe InDesign CC?

Untuk mendapatkan Adobe InDesign CC, Anda harus berlangganan Creative Cloud, yang merupakan platform layanan berbasis cloud dari Adobe yang menyediakan akses ke berbagai perangkat lunak dan sumber daya kreatif. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan paket dan harga yang tersedia, tergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa pilihan paket dan harga yang dapat Anda pilih:

  • Paket Aplikasi Tunggal: Paket ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan Adobe InDesign CC sebagai aplikasi tunggal, tanpa aplikasi Creative Cloud lainnya. Paket ini cocok bagi Anda yang hanya membutuhkan Adobe InDesign CC untuk keperluan desain tata letak dan halaman. Paket ini memiliki harga Rp 280.000 per bulan, atau Rp 2.800.000 per tahun jika Anda membayar di muka.
  • Paket Semua Aplikasi: Paket ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan Adobe InDesign CC bersama dengan lebih dari 20 aplikasi Creative Cloud lainnya, seperti Photoshop, Illustrator, dan Premiere Pro. Paket ini cocok bagi Anda yang membutuhkan berbagai perangkat lunak kreatif untuk keperluan desain grafis, multimedia, dan web. Paket ini memiliki harga Rp 840.000 per bulan, atau Rp 8.400.000 per tahun jika Anda membayar di muka.
  • Paket Pelajar dan Guru: Paket ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan Adobe InDesign CC bersama dengan lebih dari 20 aplikasi Creative Cloud lainnya dengan harga diskon khusus untuk pelajar dan guru. Paket ini cocok bagi Anda yang sedang belajar atau mengajar di bidang kreatif dan membutuhkan berbagai perangkat lunak kreatif untuk keperluan pembelajaran dan pengajaran. Paket ini memiliki harga Rp 210.000 per bulan, atau Rp 2.100.000 per tahun jika Anda membayar di muka.
  • Paket Bisnis: Paket ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan Adobe InDesign CC bersama dengan lebih dari 20 aplikasi Creative Cloud lainnya dengan harga khusus untuk bisnis dan organisasi. Paket ini cocok bagi Anda yang memiliki tim kreatif dan membutuhkan berbagai perangkat lunak kreatif untuk keperluan proyek dan kolaborasi. Paket ini memiliki harga Rp 1.120.000 per bulan per lisensi, atau Rp 11.200.000 per tahun per lisensi jika Anda membayar di muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *